Kebebasan untuk Pemula

Ubuntu 15.04 Vivid Vervet resmi dirilis. Ubuntu | Pearl OS (bukan Pear OS) distro linux baru dengan tampilan OSX Pearls OS |Elementary OS Freya resmi dirilis. Elementary OS

Cara mengaktifkan dan mematikan touchpad laptop


      Keberadaan touchpad sangat membantu bagi pengguna laptop namun terkadang keberadaannya juga bisa mengganggu kita misalnya saat kita sedang mengetik secara tidak sengaja menyentuh touchpad sehingga kursor bergeser kemana-mana ketikan jadi berantakan lama-lama jadi menyebalkan bukan? Karena bentuk laptop yang kecil maka ukuran keyboard sudah didesain sedemikian rupa sehingga ada beberapa tombol yang berfungsi ganda.

      Sekarang perhatikan keyboard didepan kita dengan teliti akan menemukan tombol Fn, tombol Fn ini biasanya warna tombolnya berbeda dari tombol lainnya kemudian cari tombol yang ada ikonnya. Tombol yang ada ikonnya ini warnanya sama dengan warna tombol Fn.




Nah sekarang kita matikan touchpadnya
Cari tombol yang berikon touchpad, di laptop saya ikon touchpad di tombol F7, masing-masing merk berbeda letaknya tetapi pada intinya pasti ada ikon touchpadnya, jika sudah ketemu tekan bersamaan tombol Fn (Fn +tombol ikon touchpad). Untuk menghidupkannya lagi pun sama caranya. Jadi kita bisa menggunakan touchpad sesuai kebutuhan kita dengan cepat.

       Selain untuk menyalakan dan mematikan touchpad ada juga tombol-tombol fungsi lainnya yaitu on/off WiFi, mode sleep,  mematikan layar monitor, mode bisu, mengatur kecerahan, dan mengatur volume, letaknya berbeda-beda pada tiap seri laptop. Pada intinya dengan menekan tombol Fn diikuti tombol berikon.



.

16 komentar:

  1. thanks gan, makasih banyak atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sdh coba tapi kok ga bs knapa ya...

      Hapus
  2. saya sdh coba kpok ga bs ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya bisa untuk semua laptop. coba cek lagi gan mungkin salah tombol.

      Hapus
    2. Tetep sj ga bisa... Laptopku pd F7 fungsinya utk non aktivkan layar monitor, dan sdh kucoba smua F... tetep ga bs... Ato mgkn laptopku yg ga beres ya... klo utk mouse bs di non aktivkan, tp utk touchpad minta ampuuun susah skl...

      Hapus
    3. bayu ningtas,,caranya gini,,masalh laptop anda sama dengan saya,,caranya ditekan agak keras dikit nanti jug gerak,,dan atur settingan toch padnya

      Hapus
  3. trimakasih gan atas informasinya sangat bermanfaat,mantap,lanjutkan

    BalasHapus
  4. ternya di laptopku sudah ada tombolnya.....

    muter"

    BalasHapus
  5. terima kasih gan ..... mantap sekali , simpel...............

    BalasHapus
  6. Thx infonya,, tai keyboard laptop saya masih error...
    adhea-putra.blogspot.comza

    BalasHapus
  7. Makasi banyak info nya. Huh Alhamdulillah mbalik

    BalasHapus
  8. gan puny saya gini pas saya tekan F7,,Bisa terus gk bisa lagi ,,saya tekan lagi tuh F7 juga gk bisa toch pad saya

    BalasHapus