Kebebasan untuk Pemula

Flowblade video editor 1.8 telah dirilis. Lihat catatan rilis

Cara mudah instal Windows dari Ubuntu dengan flashdisk


      Pada umumnya kita menginstal Ubuntu dari Windows sekarang akan menjadi kebalikannya, menginstal Windows dari Ubuntu, menggunakan flashdisk. Tips ini berguna sekali bagi pengguna netbook atau komputer dengan yang tidak ada CDROM atau rusak.

      Sekarang saya akan berbagi bagaimana cara membuat flashdisk yang dapat diboot guna instal Windows. Aplikasi yang akan kita gunakan adalah winUSB. winUSB adalah alat sederhana untuk membuat installer Windows pada USB Stick  dari citra ISO atau keping CD.

Pemasangan winUSB via PPA, buka terminal lalu ketik perintah berikut :
(sekedar informasi bagi pemula pemasangan via PPA ini membutuhkan koneksi internet, dan cara mengetik perintahnya per baris lalu tekan enter)

Untuk Ubuntu 16.04
sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8sudo apt-get update
sudo apt-get install winusb


      Untuk penggunaan WinUSB saya rasa Anda sudah tahu, siapkan flashdisk dan berkas ISO Windows atau CD installer Windows.

      Waktu penginstalan ke flashdisk agak lama kira-kira 1 - 2 jam, tergantung kecepatan baca tulis dari flashdisk, jangan diutak-atik jika indikator penginstalan tidak berjalan, sebenarnya WinUSB tetap bekerja karena waktunya yang lama jadi kelihatan seperti tidak bekerja. 
Tunggu sampai ada pemberitahuan penginstalan selesai.


Cara boot ke Windows Setup.
      Jika anda pernah menginstal dari CD pasti anda akan melihat pemberitahuan "Press any key to boot from CD" pada waktu mau masuk setup. Artinya disuruh menekan sembarang tombol untuk masuk setup. Nah ketika instal menggunakan flashdisk tidak ada pemberitahuan seperti itu jadi ketika kira-kira mau masuk setup tekan saja sembarang tombol. Jika terlambat akan muncul pesan galat berikut   " Windows Setup cannot find a location to store temporary installation files. To install Windows, make sure that a partition on you boot disk has at least 692 megabytes (MB) of free space".


Multisystem
      Karena pengembangan WinUSB dihentikan masih ada alternatif lain menggunakan Multisystem. Multisystem adalah aplikasi untuk membuat installer beberapa OS dalam satu flashdisk. Untuk pemasangan multisystem silahkan baca di pos ini.

      Saya baru coba pakai multisystem untuk membuat installer windows 7 di Elementary OS Freya (Ubuntu 14.04) berhasil. Untuk versi windows yang lain saya belum tahu.

Cara masuk ke installer windows.
1. Siapkan BIOS boot dari flashdisk.
2. Pada menu GRUB pilih Grub4Dos >Find and load BTMGR Windows Vista/Seven.




Tidak bisa masuk boot flashdisk.
Pastikan pada BIOS sudah disetel boot ke flashdisk, jika pengaturan BIOS sudah benar tetapi masih  tidak bisa boot ke flashdisk. Pindah colokkan flashdisk ke port 1 atau 2, jangan colokkan pada port 3 yang berwarna biru, karena jika dicolokkan ke port 3 tidak akan bisa boot dari external USB Drive.
.


38 komentar:

Centang "Beri tahu saya" untuk menerima balasan via email

  1. mantap. thnk`s banget buat tutornya, Boss

    BalasHapus
  2. sama2 gan, mksih jg dh mampir.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantapp,,ddah terinstall. tinggal action

      Hapus
    2. Sebelumnya..mohon maaf jikalau ane ganggu gan,jadi gini..waktu ane mau install linux(elementary os) sebagai dualboot antara windows dan linux mungkin waktu ane install linux,kyknya ane salah pilih partisi gtu,soalnya,waktu ane mau balik ke windows gak bisa,atau malah ada tulisan os not installed gtu,nah,jadi bagaimana caranya ane balik lg ke windows gan?,atau cara gmn untuk hapus linux nya,soalnya ane masih awam dan Newbie dengan linux gan,Please...Bantuannya,ane ada tugas yang bisa nya pake windows

      Hapus
  3. kak, kalo mau instal Windows dari Ubuntu menggunakan flashdisk dual boot bisa g ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, seperti instal biasa tp pd partisi yang berbeda. Nnt menu boot ubuntu akn tertimpa sm bootnya windows. Sy sudah menulis ttg menampilkan dualboot ada di pos terlaris disamping. terima kasih.

      Hapus
    2. gk ada om. latop saya pake ubuntu 16.04, mau dual boot sama windows 7. jadi pas login ada pilihan mau ubuntu atau win 7, itu gimana caranya? saya juga belum ngerti tentang partisi. tutorial yang admin bilang "menampilkan dualboot", gk ada di pos terlalis

      Hapus
  4. ppa itu apa ?
    (saya Newbie)

    BalasHapus
  5. PPA itu menambahkan aplikasi ke repository (gudang aplikasi), jadi dengan PPA kita bisa menginstal aplikasi yang tidak ada direpository resmi dan untuk mendapatkan aplikasi versi terbaru. Untuk cara instal aplikasi via PPA, pertama harus terkoneksi internet. lalu buka aplikasi terminal, ketikkan/paste kode diatas perbaris sudo add-apt-repository ppa:colingille/freshlight, masukkan password lalu baris berikutnya. Nah bila tang ingin repot instal dari paket deb saja adapalah paket aplikasi semacam exe di Windows. klo masih bisa sy siap membantu.

    BalasHapus
  6. gan, masalah saya di linux gini nih gan...,
    mengapa partisi saya itu bergabung jadi satu yaitu file system di linux dan data saya smua hilang, cara ngembali'in nya gimana gan?
    (maklum newbie :) )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pemilihan partisi saat pengintalan linux agan salah pilih. saya pernah ngalami kaya gini tapi saya ikhlasin aja. Saya kurang paham juga cara ngembaliinya. Silahkan agan tanya ja di grub Ayo Belajar Linux di FB.

      Hapus
    2. pertama kali saya juga hilang data2nya, tapi pakai TestDisk bisa di restore semua gan :)

      Hapus
  7. Thanks infox, mo di cobain dulu, entar klo ada masalah boleh nanya ya gan?

    BalasHapus
  8. Mau Tanya.. Kan Udh Dibuat Windows USB nya.. Tapi Saat Saya Install ada Tulisan " Windows Setup cannot find a location to store temporary installation files. To install Windows, make sure that a partition on you boot disk has at least 692 megabytes (MB) of free space".

    Mungkin Admin Bertanya :

    - Sudah Check di Google ?
    Sudah tapi belum memuaskan dan tidak bisa.

    - Sudah coba format partisi ?
    Sudah, tapi tidak bekerja.

    Jadi Mohon Keterangan Nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah ini tak hanya dialami oleh installer winUSB saja. Ketika boot dr CD instaler normal akan ada pemberitahian "press any key to boot from cd". Nah ketika boot dari flashdisl tidak ada pemberitahuan sperti itu, maka pada saat boot mau masuk setup tekan sembarang tombol. Begitu kira2 saya juga baru baca, bisa apa ga silahkan dicoba.

      Hapus
    2. Terima Kasih.. Atas masukannya.. Laptop Saya Sudah Bisa Install Ulang.. Semoga Blognya Terus Maju

      Hapus
  9. masalahku itu waktu boot, kan milih CD yg ada linux, terus langsung muncul THOSIBA, gak muncul intalannya linux. itu gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindah colokkan flasdisknya ke port yg lain.

      Hapus
  10. kalau pakai HDD External bisa gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy belum coba dan blum ada laporan yang pakai ext HDD.

      Hapus
  11. maaf gan, ane udah coba bikin windows 7.iso --> setelah install win usb ---> ane pilih windows 7.iso di flasdisk ---> tp tombol install di aplikasi winusb itu gak aktif gan ??? mohon pencerahanya gan... makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekan file > show all drive. pilih flashdisk lalu tombol akan nyala.

      Hapus
  12. buat agan yang gak mau ribet dan butuh USB Installer Windows, kami menyediakan beberapa paket USB Installer Windows, info lengkap klik disini USB MultiBoot OS

    BalasHapus
  13. Kang, pas masuk ke BIOS FD ny gk kebaca, jadi gg bisa disetel ke FD. Masalahnya dimana ya? #Help

    BalasHapus
  14. mantap dah artikelnya
    http://acemaxs31.com/obat-herbal-asam-urat/

    BalasHapus
  15. mas, kalau misalnya kita install windows pada linux mint apakah caranya sama?
    mohon penjelasannya, terimakasih

    BalasHapus
  16. gan cara buka facebook dari ubuntu gmana gan,,
    soalnya ubuntu gue gak bisa buka facebook dan youtube

    BalasHapus
  17. Mantap tenan....... tq gan.....

    BalasHapus
  18. cara menghapus ubuntu di laptop gimana gan????

    BalasHapus
  19. min, saya bisa masuk grub multisystem. tapi pas klik grub4dos, kok gak masuk ke find and load... kenapa ya? malah black screen :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu setelah find and load tekan tombol apa saja. Berkali-kali sampai muncul windowa loadernya.

      Hapus
  20. shabis sya ngetik di terminal utk 64 bit, kok saya ga bisa ya? tulisan nya error 404 not found

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Gan saya saya mw nanya gan.. Laptop saya dell 3162 OS bawaannya ubuntu 14.04 apa bisa dengan cara di atas saya merubah os laptop saya ke windows 10 ?? Jika tidak bisa tolong bagikan tutornya gan... Thq

    BalasHapus
  23. gan file iso di Flashdisk ane kok ga kebaca gi grub ya..??? mohon pencerahannya gan....

    BalasHapus
Back to Top