Kebebasan untuk Pemula

Flowblade video editor 1.8 telah dirilis. Lihat catatan rilis

Cara unroot android

Root bisa memberikan anda akses ke sistem android sehingga bisa mengubah ROM, font, kernel, tema, dan lain-lain. Tetapi juga menghilangkan garansi. Jika anda ingin mengembalikan garansi kembali atau alasan apapun untuk unroot, sekarang bisa unroot android dengan mudah.

Sebelum unroot amankan data-data penting ke sdcard atau ke PC.

Jika pada waktu anda root menggunakan program one click root (Vroot. framaroot, root genius, dll) tersedi fitur unroot, silahkan kembali ke program tersebut untuk unroot.
Jika tidak tersedia bisa menggunakan cara-cara dibawah ini.

Cara unroot :
Metode I : Menggunakan aplikasi SuperSU/Kinguser
Metode ini menggunakan root manager bawaan dari aplikasi root. Biasanya menggunakan root manager SuperSU atau Kinguser ataupun root manager lainnya.Metode ini bisa untuk semua android yang pada waktu root-nya tidak menggunakan custom recovery( CWM / TWRP).

Jika anda menggunakan Root genius, Vroot, Framaroot, iRoot, Baidu easy root, dan aplikasi root sekali sentuh lainnya gunakan metode ini.

SuperSU
1. Buka SuperSU > Pengaturan > Unroot penuh > Lanjutkan.




Kinguser
1. Buka Kinguser, buka Pengaturan > remove root permission > clear.





4. Restart perangkat dan perangkat sudah di unroot.

Root manager bahasa cina
Jika root manajer yang terinstal menggunakan bahasa cina kita bisa unroot dengan SuperSU.
1. Instal SuperSU di playstore.
2. Buka SuperSU, jika diminta update binari iyakan saja.


2. Pilih Normal.

3. lalu unroot seperti petunjuk diatas.



Metode II : ES File Explorer
Jika metode diatas tidak bisa atau waktu root menggunakan custom recovery bisa menggunakan metode berikut.

1. Instal ES File Explorer dari playstore.

2. Buka ES File Explorer, tekan menu > Tools > Root Explorer.



Buka pada direktori /system/bin dan /system/xbin. Hapus file su dan busybox yang ada di kedua direktori tersebut. Bila tidak ada busybox hapus file su saja.

3. Buka direktori /system/app. Hapus file superuser.apk/SuperSu.apk/kinguser.apk atau aplikasi apapun yang menjadi root manager.

4. Restart perangkat dan perangkat sudah tidak root lagi.

Jika tidak berhasil silahkan tanyakan kepada yang memberikan tutorial root sebelumnya.


50 komentar:

Centang "Beri tahu saya" untuk menerima balasan via email

  1. min klo udh mengubah konfigurasi pake Wanam Xposed
    cuma bagian keyboard doang supaya muncul simbol
    trus di unroot aman ngk? (HH Grand Neo I9060)
    makasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misi mas Root Grand Neo pake aplikasi apa mas ??

      Hapus
  2. Gan nexian Mi351 ku kan aku root pake key root, terus udah selesai muncul king usernya, tapi kalo dibuka selalu not responding, terus buat download aplikasi di playstore juga gabisa (gamau memasang) padahal udah 100% terunduh, nah gimana solusinya gan? Mohon pencerahannya 🙏

    BalasHapus
  3. Gan saya coba make supersusupersu ko lama banget hh root lewat pc berpengaruh ga ada saran lain mohon bantuannya

    BalasHapus
  4. Root aja pakek framaroot lebih gampang

    BalasHapus
  5. Ga semua hp android bisa di root pake framaroot mas

    BalasHapus
  6. Thanks gan .. sangt mmbantu ..

    BalasHapus
  7. makasih gan cara unroot nya sukses ,

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. mksh gan unroot berhasil and sukses 100%

    BalasHapus

  10. kalo root pake odin ga bsa unroot pake cara ini ya?

    BalasHapus
  11. Ni mas hp saya gagal di root tapi kok king user nya tidak bisa di hapus

    BalasHapus
  12. Ni mas hp saya gagal di root tapi kok king user nya tidak bisa di hapus

    BalasHapus
  13. Ni Mas Hp saya gagal hapus setiap di hapus keluar bacaan
    Penghapusan GAGAL

    BalasHapus
  14. Mksh gan infonya..sekalian mau tanya..sy kan udh root spc s12...tapi sy ingin ganti root permission nya ke supersu..skrg masih kinguser apakah bisa gan ? saya udh coba pake busybox tapi tetep aja kinguser nya masih ada..mohon pencerahan nya gan..dan bls ke big.dahlan64@gmail.com mksh gan..

    BalasHapus
  15. Kakak Admin mau tanya,itu yg di maksud restart Hidupkan kembaali HP nya atau Instal Ulang HP nya? TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidupkan kembali hpnya coeggg ;v

      Hapus
  16. Min gua pake samsung galaxy ace 3 trus di root pake IRoot trus gua di suruh dowload king user. Nah pas di unroot itu super user nempel terus . Cara delete king user nya itu gimana ya min ??? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  17. mas saya dah unroot tp ko setiap saya matikan trus saya nyalakan knapa kluar reboot dulu,bukan langsung nyala,pa da yg slah y,ko bsa gitu,knapa g kmbali k semula

    BalasHapus
  18. Unroot samsung galaxy core 2 berhasil,terimakasih atas cara"nya min

    BalasHapus
  19. Thanks gan, caranya ampuh. Samsung galaxy fame ane berhasil di unroot.

    BalasHapus
  20. tutornya bisa di andelin min :D

    BalasHapus
  21. min root tablet evercoss at1d gimana ya gua root sama king root sukses tapi rootnya gk sempurna

    BalasHapus
  22. Suksesssssssss mksiii om.........

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Min root tablet advan T3E gimana..?

    BalasHapus
  25. min kinguser ane udah teruninstall, gimana unrootnya??? percuma hp root tp gak bisa akses root, pengen ngembalik.in ada kingusernya lagi

    BalasHapus
  26. Mksih sob sukses pake cara del file su & busybox

    BalasHapus
  27. Gan,hp saya ngk bisa di update binarinya....tolong kasi solusi

    BalasHapus
  28. Maz saya mau tanya,gmna ya cara mengembalikan font default lagi.?Sblumnya hp saya di root pake aplikasi kingroot,setelah saya unroot tp font nya gk bsa brubah ke default lagi. Pdahal udah d unroot

    BalasHapus
  29. min... tolong minta bantuannya.. saya pake mito a260 mini dan sdah di root pale 360root... tp utl unroot gimana caranya? secara menu 360root bahasa dewa, gak ngerti banget... tolong min bantuannya krn sudah berbagai cara gak bisa juga... andai saja 360root bahasa inggris minimal, saya agak faham. ini bahasanya cina.. thx min

    BalasHapus
  30. Min gmna cara root samsung galaxy J1 ??pakai aplk apa??

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. gan , setelah update superuser , di hape saya belum ada TWRP , tapi saya pilih itu , truss disuruh reebot , trus rebootnya lama bet , gmna gan . makasih

    BalasHapus
  33. Gan kan saya mau update software katanya kingusernya hapu dulu pas saya sudah hapus dengan cara di atas kok masih tidak bisa

    BalasHapus
  34. Om , kedua file direk tori itu ada dimana letaknya ?

    BalasHapus
  35. Bang kok loading lama banget ya pake es file itu? Terus kalo di remove di appnya not responding hp sayaa andromax689

    BalasHapus
  36. Bang kok loading lama banget ya pake es file itu? Terus kalo di remove di appnya not responding hp sayaa andromax689

    BalasHapus
  37. Kok yang saya permission denied ? Help please. Jawab please

    BalasHapus
  38. ada yg tau ga cara unroot melalui pc
    please saya mohon bantuan nya

    BalasHapus
  39. min, kalau mau menghapus jejak root misalnya:file supersu.apk gimana cara ngapusnya tanpa harus di root dulu

    BalasHapus
  40. Gan klw entar diroot data" pribada aman ngak ea

    BalasHapus
  41. Gan klw entar diroot data" pribada aman ngak ea

    BalasHapus
  42. waktu unroot nya mnggunakan supersu berapa lama ya? masa saya gak kelar"

    BalasHapus
  43. thanks min hh gue udah berhasil di unroot hh gue lenovo a730hc

    BalasHapus
Back to Top